Rabu, 17 Juni 2015

Sekilas Tentang Onta

Tentang Onta

Dua-duanya Onta



Tinggal melihat jumlah punuknya kita sudah bisa membedaknnya. Kalau punuknya dua dia adalah Onta, kalau satu dia biasa disebut Dromedari
Onta berasal dari Asia, sedangkan Dromedari dari afrika utara. Kedua bintang ini hidup di padang pasir yang tandus. Selama berbulan-bulan mereka dapat tahan hidup hanya dengan memakai persediaan lemak dipunuknya tanpa minum air setetes pun.
Si tahan Haus

Onta selalu dijadikan kendaraan gurun pasir, dia dipercaya untuk mengantarkan orang menyeberangi gurun. Unta dapat berjalan berhari-hari tanpa meminum air setetes pun. Itu karena unta membawa”bekal” yang berupa cadangan makanan di punuknya.
Jari Onta


Onta punya dua jari jari yang gemuk-gemuk lalu diantara jari-jarinya ada “bantal” sehingga tersa nyaman saat berjalan diatas pasri grun yang panas.
Matanya Punya Wiper


Onta dikaruniai tubuh yang bisa menahan penguapan air dari tubuhnya. Tulang diatas mata yang agak menonjol itu sangat melindungi matanya.
Onta punya dua kelopak mata. Yang satu kelopak mata biasa seperti manusia, dan yang satu lagi kelopak mata khusus yang berguna untuk membersihkan dan melindungi mata dari debu dan pasir. Kelopak ini membuka penutupnya dari kiri ke kanan.
Lubang hidungnya bisa dibuka tutup


Hidung onta punya cuping yang bsa dibuka dan ditutup berfungsi agar tidak kemasukan pasir yang terbawa pada saat angin kencang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar